Koperasi S**** U**** B** A**** D***** Memiliki Sertifikat Kompetensi dengan Level Manager pada Kualitas SDInya

Abstrak

Tujuan : Untuk Mengetahui informasi mengenai evaluasi keberhasilan  Koperasi S**** U**** B**  A**** D***** yang dilihat dari sisi anggota dan perusahaan, serta untuk mengetahui peranan Koperasi S**** U**** B** A**** D***** dalam berbagai bentuk pasar, dan untuk mengetahui pembangunan Koperasi S**** U**** B** A**** D***** di negara berkembang.

Teknik : Teknik yang saya gunakan adalah metode analisis isi. Analisis ini digunakan untuk mendapatkan inferensi yang valid dan dapat diteliti ulang berdasarkan konteksnya. Dalam analisis ini akan dilakukan proses memilih, membandingkan, menggabungkan dan memilah berbagai pengertian hingga ditemukan yang relevan. Bahwa analisis isi yang dimaksudkan tidak saja berupa narasi tertulis yang diambil dari koran, majalah, acara TV, naskah pidato, tetapi juga melebar hingga arsitektur, model pakaian, bahkan perkantoran, rumah makan dan sarana-sarana di ruang publik.

Sumber Data : untuk mendapatkan informasi koperasi yang saya analisis, saya mencari informasi dan menggunakannya dari web resmi  Koperasi S**** U**** B**  A**** D*****, jurnal yang berkaitan dengan topik yang telah dipilih, dan bahan ekonomi koperasi yang diberikan dari dosen ekonomi koperasi.

Metode  : pada penelitian ini saya menggunakan jenis/pendekatan penelitian studi kepustakaan. Studi kepustakaan merupakan suatu studi yang digunakan dalam mengeumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti dokumen, buku, majalah, kisah-kisah sejarah, dsb

Hasil : Koperasi S**** U**** B** A**** D***** termasuk dari pasar dengan persaingan tidak sempurna. Karena Koperasi S**** U**** B** A**** D*****  produk yang dihasilkan tidak homogen. Koperasi S**** U**** B** A**** D***** sesuai dengan misi UU No. 25 Tahun 1992. B** juga telah melakukan pembiayaan – pembiayaan kepada masyarakat mikro yang tidak Bankable, dan pada waktu itu banyak mendapatkan layanan pembiayaan dari rentenir dengan bunga yang sangat tinggi. Pembiayaan dari B** sangat membantu mereka mendapatkan layanan pembiayaan yang mudah dan meringankan mereka dari segi angsuran. Bahkan banyak yang usahanya terus berkembang dan menjadi Bankable. Koperasi S**** U**** B** A**** D***** mendapat dukungan pemerintah dalam perintisan pembentukan organisasi koperasinya dan perkembangan Koperasi S**** U**** B** A**** D***** mandiri. Karena Koperasi S**** U**** B** A**** D***** didirikan oleh 3 pemuda dari M********** dengan bermodal Rp 400.000 dan dengan pembiayaan sejumlah itu susah untuk mencari anggota. 

Kesimpulan : Koperasi S**** U**** B** A**** D***** termasuk dalam MEL. Karena Sistem pembiayaan mudharabah yang diharapkan Koperasi S**** U**** B** A**** D***** bahwa pemilik dana ikut terlibat menangani usaha dari pengelola dana, jadi pemilik dana harus mengetahui setiap transaksi dalam usaha. Anggota pembiayaan mudharabah di Koperasi S**** U**** B** A**** D***** lebih banyak tinggal di luar kota maka pemilik dana  tidak sanggup untuk membuat laporan setiap hari. Akhirnya pemilik dana  mempercayakan sepenuhnya pencatatan laporan kepada anggota. Koperasi S**** U**** B** A**** D***** meningkatkan kualitas SDI adalah pencapaian yang penting. Bagaimana tidak dalam pelayanannya Koperasi S**** U**** B** A**** D***** terus menerus melakukan peningkatan kualitas SDI hingga saat ini beberapa sudah memiliki sertifikat kompetensi pada level manager dan kepala bagian.

BAB IX
Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat dari Sisi Anggota

Efek-efek ekonomis koperasi

Salah satu hubungan penting yang harus dilakukan koperasi adalah dengan para anggotanya, yang kedudukannya sebagi pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi. Motivasi ekonomi anggota sebagi pemilik akan mempersoalkan dana (simpanan-simpanan) yang telah diserahkannya, apakah menguntungkan atau tidak. Sedangkan anggota sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang-jasa, menguntungkan tidaknya pelayanan koperasi dibandingkan penjual /pembeli di luar koperasi.

Menurut saya, pemilik (owner) merupakan pengguna jasa koperasi itu sendiri dan akan mempersoalkan dana yang telah diserahkan menguntungkan atau tidak. Koperasi S**** U**** B** A**** D***** melalui pelayan anggotanya untuk merealisasikan kegiatannya.

Pada dasarnya setiap anggota akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan perusahaan koperasi :

  1. Jika kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhannya
  2. Jika pelayanan itu di tawarkan dengan harga, mutu atau syarat-syarat yang lebih menguntungkan dibanding yang di perolehnya dari pihak-pihak lain diluar koperasi.
Menurut saya, pada Koperasi S**** U**** B** A**** D***** meningkatkan kualitas SDI adalah pencapaian yang penting. Bagaimana tidak dalam pelayanannya Koperasi S**** U**** B** A**** D***** terus menerus melakukan peningkatan kualitas SDI hingga saat ini beberapa sudah memiliki sertifikat kompetensi pada level manajer dan kepala bagian.

Efek harga dan efek biaya

Partisipasi anggota menentukan keberhasilan koperasi. Sedangkan tingkat partisipasi anggota di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya : Besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian maupun normatif.

Motivasi utilitarian sejalan dengan kemanfaatan ekonomis. Kemanfaatan ekonomis yang di maksud adalah insentif berupa pelayanan barang-jasa oleh perusahaan koperasi yang efisien, atau adanya pengurangan biaya dan atau di perolehnya harga menguntungkan serta penerimaan bagian dari keuntungan (SHU) baik secara tunai maupun dalam bentuk barang.

Bila dilihat dari peranan anggota dalam koperasi yang begitu dominan, maka setiap harga yang ditetapkan koperasi harus di bedakan antara harga untuk anggota dengan harga untuk non anggota. Perbedaan ini mengharuskan daya analisis yang lebih tajam dalam melihat peranan koperasi dalam pasar yang bersaing.

Menurut saya, anggota Koperasi S**** U**** B** A**** D*****  memiliki peran penting dalam partisipasi kegiatan anggota. Yaitu dalam mengelola produk simpananan yang terdiri dari 4 produk, pertama yaitu simpanan umum yang memiliki ketentuan nisbah 30% untuk pihak penyimpan dan 70% bagi pihak B**. Kedua, simpanan berjangka dengan jangka waktu selama satu bulan dengan ketentuan nisbah sebesar 40% untuk pihak penyimpan serta 60% bagi pihak B**. Ketiga, produk simpanan berjangka dengan jangka waktu enam bulan dengan ketentuan nisbah sebesar 45% bagi pihak penyimpan dan 55% untuk pihak B**. Produk keempat adalah 38 investasi syariah atau disingkat INVESYA yang memiliki ketentuan nisbah 60% untuk pihak penyimpan dan 40% bagi pihak B**. Semua produk Koperasi S**** U**** B** A**** D*****  2,5 % dari bagi hasil anggota otomatis masuk infaq. 

Analisis hubungan efek ekonomis dengan keberhasilan koperasi

Dalam badan usaha koperasi, laba (profit) bukanlah satu-satunya yang di kejar oleh manajemen, melainkan juga aspek pelayanan (benefit oriented). Di tinjau dari konsep koperasi, fungsi laba bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya partisipasi ataupun transaksi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota, maka idealnya semakin tinggi manfaat yang di terima oleh anggota. Keberhasilan koperasi di tentukan oleh salah satu faktornya adalah partisipasi anggota dan partispasi anggota sangat berhubungan erat dengan efek ekonomis koperasi yaitu manfaat yang didapat oleh anggota tsb.

Menurut saya, keberhasilan partisipasi anggota Koperasi S**** U**** B** A**** D***** bisa dilihat dari tahun 2018 Koperasi S**** U**** B** A**** D***** berjumlah 47 anggota dan 5 relawan Baitul Maal, mengelola aset sebesar Rp 55.365.590.874,- dengan modal Rp 4.565.708.200,-

 Penyajian dan analisis neraca pelayanan

Di sebabkan oleh perubahan kebutuhan dari para anggota dan perubahan lingkungan koperasi, terutama tantangan-tantangan kompetitif, pelayanan koperasi terhadap anggota harus secara kontinu di sesuaikan.

Ada dua faktor utama yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya.

  1.  Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain (terutama organisasi non koperasi).
  2. Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat perubahan waktu dan peradaban. Perubahan kebutuhan ini akan menentukan pola kebutuhan anggota dalam mengkonsumsi produk-produk yang di tawarkan oleh koperasi.

Bila koperasi mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anggota yang lebih besar dari pada pesaingnya, maka tingkat partisipasi anggota terhadap koperasinya akan meningkat. Untuk meningkatkan pelayanan, koperasi memerlukan informasi-informasi yang datang terutama dari anggota koperasi.

Menurut saya, Koperasi S**** U**** B** A**** D***** sudah memberikan pelayanan yang sesuai kebutuhan anggota. Dalam pembiayaan mudharabah Koperasi S**** U**** B** A**** D*****  anggota harus melakukan beberapa prosedur yang telah ditetapkan. Dan harus teruji terlebih dahulu misalnya pembiayaan mudharabah dengan antar lembaga harus memiliki data yang akurat seperti laporan neraca, laporan rugi laba, laporan rasio kesehatan itu semua wajib dilaporkan disaat 6 bulan terakhir dan itu semua harus mendapatkan ijin dari pengurus lembaga yang mengajukan pembiayaan mudharabah. Dengan melihat laporannya B** bisa melihat bagaimana lembaga keuangan itu bagus atau tidak.

BAB X
Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat Dari Sisi Perusahaan

Efisiensi  Perusahaan Koperasi

Tidak dapat di pungkiri bahwa koperasi adalah badan usaha yang kelahirannya di landasi oleh fikiran sebagai usaha kumpulan orang-orang bukan kumpulan modal. Oleh karena itu koperasi tidak boleh terlepas dari ukuran efisiensi bagi usahanya, meskipun tujuan utamanya melayani anggota.

  • Ukuran kemanfaatan ekonomis adalah adalah manfaat ekonomi dan pengukurannya di hubungkan dengan teori efisiensi, efektivitas serta waktu terjadinya transaksi atau di perolehnya manfaat ekonomi.
  • Efesiensi adalah: penghematan input yang di ukur dengan cara membandingkan input anggaran atau seharusnya (Ia) dengan input realisasi atau sesungguhnya (Is), jika Is < Ia di sebut (Efisien)

Di hubungkan dengan waktu terjadinya transaksi/diperolehnya manfaat ekonomi oleh anggota dapat di bagi menjadi dua jenis manfaat ekonomi yaitu :

  1. Manfaat ekonomi langsung (MEL)
  2. Manfaat ekonomi tidak langsung (METL)

MEL adalah manfaat ekonomi yang diterima oleh anggota langsung di peroleh pada saat terjadinya transaksi antara anggota dengan koperasinya.

METL adalah manfaat ekonomi yang diterima oleh anggota bukan pada saat terjadinya transaksi, tetapi di peroleh kemudian setelah berakhirnya suatu periode tertentu atau periode pelaporan keuangan/pertanggungjawaban pengurus & pengawas, yakni penerimaan SHU anggota.

Menurut saya, Koperasi S**** U**** B** A**** D***** termasuk dalam MEL. Karena Sistem pembiayaan mudharabah yang diharapkan Koperasi S**** U**** B** A**** D***** bahwa pemilik dana ikut terlibat menangani usaha dari pengelola dana, jadi pemilik dana harus mengetahui setiap transaksi dalam usaha. Anggota pembiayaan mudharabah di Koperasi S**** U**** B** A**** D***** lebih banyak tinggal di luar kota maka pemilik dana  tidak sanggup untuk membuat laporan setiap hari. Akhirnya pemilik dana  mempercayakan sepenuhnya pencatatan laporan kepada anggota.

Manfaat ekonomi pelayanan koperasi yang di terima anggota dapat di hitung dengan cara sebagai berikut:

TME = MEL + METL

MEN = (MEL + METL) – BA

Bagi suatu badan usaha koperasi yang melaksanakan kegiatan serba usaha (multipurpose), maka besarnya manfaat ekonomi langsung dapat di hitung dengan cara sebagai berikut :

MEL = EfP + EfPK + Evs + EvP + EvPU

METL = SHUa

Efisiensi Perusahaan / Badan Usaha Koperasi:

  1. Tingkat efisiensi biaya pelayanan BU ke anggota (TEBP) = Realisasi Biaya pelayanan Anggaran biaya pelayanan = Jika TEBP < 1 berarti efisien biaya pelayanan BU ke anggota
  2. Tingkat efisiensi biaya usaha ke bukan anggota (TEBU) = Realisasi biaya usaha Anggaran biaya usaha Jika TEBU < 1 berarti efisien biaya usaha

Efektivitas Koperasi

  • Efektivitas adalah pencapaian target output yang di ukur dengan cara membandingkan output anggaran atau seharusnya (Oa), dengan output realisasi atau sungguhnya (Os), jika Os > Oa di sebut efektif.
  • Rumus perhitungan Efektivitas koperasi (EvK) :

EvK= Realisasi SHUk + Realisasi MEL

Anggaran SHUk + Anggaran MEL = Jika EvK >1, berarti efektif

 

Produktivitas Koperasi

Produktivitas adalah pencapaian target output (O) atas input yang digunakan (I), jika (O>1) di sebut produktif.

Rumus perhitungan Produktivitas Perusahaan Koperasi

PPK = SHUkx 100 %

1.       Modal koperasi

PPK = Laba bersih dr usaha dgn non anggota x 100%

2.       Modal koperasi

  • Setiap Rp.1,00 Modal koperasi menghasilkan SHU sebesar Rp…..
  • Setiap Rp.1,00 modal koperasi menghasilkan laba bersih dari usaha dengan non anggota sebesar Rp….

 

Analisis Laporan Koperasi

Laporan keuangan koperasi selain merupakan bagian dari sistem pelaporan keuangan koperasi, juga merupakan bagian dari laporan pertanggungjawaban pengurus tentang tata kehidupan koperasi.

Dilihat dari fungsi manajemen, laporan keuangan sekaligus dapat dijadikan sebagai salah satu alat evaluasi kemajuan koperasi.

Laporan keuangan koperasi pada dasarnya tidak berbeda dengan laporan keuangan yang di buat oleh badan usaha lain. Secara umum laporan keuangan keuangan meliputi

  1. Neraca,
  2. Perhitungan hasil usaha (income statement),
  3. Laporan arus kas (cash flow),
  4. Catatan atas laporan keuangan

Adapun perbedaan yang pertama adalah bahwa perhitungan hasil usaha pada koperasi harus dapat menunjukkan usaha yang berasal dari anggota dan bukan anggota. Alokasi pendapatan dan beban kpd anggota dan bukan anggota pada perhitungan hasil usaha berdasarkan perbandingan manfaat yang di terima oleh anggota dan bukan anggota.

Perbedaan yang kedua ialah bahwa laporan koperasi bukan merupakan laporan keuangan konsolidasi dari koperasi-koperasi. Dalam hal terjadi penggabungan dua atau lebih koperasi menjadi satu badan hukum koperasi, maka dalam penggabungan tersebut perlu memperhatikan nilai aktiva bersih yang riil dan bilamana perlu melakukan penilaian kembali. Dalam hal koperasi mempunyai perusahaan dan unit-unit usaha yang berada di bawah satu pengelolaan, maka di susun laporan keuangan konsolidasi atau laporan keuangan gabungan.

Menurut saya, Dalam pembiayaan mudharabah  Koperasi S**** U**** B** A**** D***** anggota harus melakukan beberapa prosedur yang telah ditetapkan. Dan harus teruji terlebih dahulu misalnya pembiayaan mudharabah dengan antar lembaga harus memiliki data yang akurat seperti laporan neraca, laporan rugi laba, laporan rasio kesehatan itu semua wajib dilaporkan disaat 6 bulan terakhir dan itu semua harus mendapatkan ijin dari pengurus lembaga yang mengajukan pembiayaan mudharabah. Dengan melihat laporannya B** bisa melihat bagaimana lembaga keuangan itu bagus atau tidak. Dan untuk anggota yang umum harus sudah teruji dahulu apakah usahanya dalam pembiayaan murabahah sudah baik atau belum. Karena untuk pembiayaan mudharabah anggota harus mempunyai usaha terlebih dahulu minimal 5 tahun dan selama pembiayaan harus melaporkan hasil perkembangan usahanya selama 6 bulan terakhir

BAB XI
Peranan Koperasi

Peranan Koperasi dalam berbagai bentuk pasar

Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar diklasifikasikan menjadi 2 macam :

  1. Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market).
  2. Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market), yaitu : Monopoli,Persaingan Monopolistik (monopolistik competition), dan Oligopoli
Menurut saya, Koperasi S**** U**** B** A**** D***** termasuk dari pasar dengan persaingan tidak sempurna. Karena Koperasi S**** U**** B** A**** D*****  produk yang dihasilkan tidak homogen.

Peranan Koperasi di berbagai keadaan persaingan di Pasar Persaingan Sempurna

Peranan Koperasi dalam Persaingan Sempurna (perfect competitive market)

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna:

  • Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
  • Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
  • Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar
  • Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna
Menurut saya, Koperasi S**** U**** B** A**** D***** tidak termasuk pasar persaingan sempurna. Karena Koperasi S**** U**** B** A**** D***** Produk yang dihasilkan idak homogen, produk yang beragam, dan Koperasi S**** U**** B** A**** D***** merupakan koperasi yang bergerak dibidang simpan pinjam.

Peranan Koperasi di berbagai keadaan persaingan di Pasar Monopolistik

Ciri-cirinya :

  • Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
  • Produk yang dihasilkan tidak homogen
  • Ada produk substitusinya
  • Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
  • Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
Menurut saya, Koperasi S**** U**** B** A**** D***** merupakan pasar monopolistik. Karena Koperasi S**** U**** B** A**** D***** memiliki produk yang beragam, produk tidak homogen, dan juga bergerak dibidang simpan pinjam yaitu Pembiayaan dan Simpanan.

Peranan Koperasi di berbagai keadaan persaingan di Pasar Monopsoni

  • Disini ada penjual banyak tetapi hanya ada satu pembeli
Menurut saya, Koperasi S**** U**** B** A**** D***** tidak termasuk pasar monopsoni. Karena Koperasi S**** U**** B** A**** D***** merupakan koperasi simpan pinjam, jadi pembeli atau pengguna tidak hanya satu.

Peranan Koperasi di berbagai keadaan persaingan di Pasar Oligopoli

  • Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar
  • Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga
  • ntuk menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi, membedakan mutu dan bentuk produk
Menurut saya, Koperasi S**** U**** B** A**** D***** tidak termasuk pasar oligopoli. Karena Koperasi S**** U**** B** A**** D***** produk beragam, tidak homogen, dan merupakan koperasi simpan pinjam.

BAB XII
Pembangunan Koperasi di Negara Berkembang

Pembangunan Koperasi di Negara Berkembang (di Indonesia )

Kendala yang dihadapi masyarakat :

1.       Perbedaan pendapat masayarakat mengenai Koperasi
2.       Cara mengatasi perbedaan pendapat tersebut dengan menciptakan 3 kondisi yaitu :
  • Koqnisi
  • Apeksi
  • Psikomotor
3.       Masa Implementasi UU No.12 Tahun 1967

Tahapan membangun Koperasi :
  • Ofisialisasi
  • De-ofisialisasi
  • Otonomisasi
Menurut saya, Koperasi S**** U**** B** A**** D***** berdiri dan mulai operasional pada tanggal 01 Juli 1997 dengan modal sebesar Rp 830.700,- dan fasilitas kantor di salah satu ruang di dalam gedung wakaf M************. Dalam sepuluh tahun pertama dari segi permodalan dan aset yang dikelola Koperasi S**** U**** B** A**** D***** mengalami pertumbuhan yang cukup baik. B** secara kelembagaan mulai dikenal masyarakat dan mendapat kepercayaan masyarakat. Dan sampai saat ini (tahun 2018) Koperasi S**** U**** B** A**** D*****terus mengalami pertumbuhan meskipun cenderung melambat tidak sepesat 10 tahun pertama. Tahun 2018 ini karyawan Koperasi S**** U**** B** A**** D***** berjumlah 47 orang dan 5 relawan Baitul Maal, mengelola aset sebesar Rp 55.365.590.874,- dengan modal 4.565.708.200,-

4.       Misi UU No.25 Tahun 1992

merupakan gerakan ekonomi rakyat dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945

Menurut saya, Koperasi S**** U**** B** A**** D***** sesuai dengan misi UU No. 25 Tahun 1992. B** juga telah melakukan pembiayaan – pembiayaan kepada masyarakat mikro yang tidak Bankable, dan pada waktu itu banyak mendapatkan layanan pembiayaan dari rentenir dengan bunga yang sangat tinggi. Pembiayaan dari B** sangat membantu mereka mendapatkan layanan pembiayaan yang mudah dan meringankan mereka dari segi angsuran. Bahkan banyak yang usahanya terus berkembang dan menjadi Bankable.

Tahapan Pembangunan Koperasi di Negara Berkembang menurut A. Hanel, 1989

  • Tahap I : Pemerintah mendukung perintisan pembentukan organisasi koperasi.
  • Tahap II : Melepaskan ketergantungan kepada sponsor dan pengawasan teknis, manajemen dan keuangan secara langsung dari pemerintah dan atau organisasi yang dikendalikan oleh pemerintah.
  • Tahap III : Perkembangan koperasi sebagai organisasi koperasi yang mandiri

Menurut saya, Koperasi S**** U**** B** A**** D***** mendapat dukungan pemerintah dalam perintisan pembentukan organisasi koperasinya dan perkembangan Koperasi S**** U**** B** A**** D***** mandiri. Karena Koperasi S**** U**** B** A**** D***** didirikan oleh 3 pemuda dari M********** dengan bermodal Rp 400.000 dan dengan pembiayaan sejumlah itu susah untuk mencari anggota. 


Sumber :

Profil B** A**** D***** - B** A**** D****** C**** : Home : http://b*************.com/profil/ [29 November 2020]

PERKEMBANGAN KEANGGOTAAN DALAM PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI K**** B*** A**** D***** K***** : https://c***.ac.uk/download/pdf/2********.pdf [29 November 2020]

STUDI KEPUSTAKAAN MENGENAI LANDASAN TEORI DAN PRAKTIK KONSELING EXPRESSIVE WRITING : https://media.neliti.com/media/publications/2*****-studi-kepustakaan-mengenai-landasan-teor-c084d5fa.pdf [30 November 2020]

Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis) : https://www.researchgate.net/profile/J****_A****/publication/3********_Desain_Penelitian_Analisis_Isi_Content_Analysis/links/5b305090a6fdcc8506cb8b21/Desain-Penelitian-Analisis-Isi-Content-Analysis.pdf [30 November 2020]




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan "Build in Function" dan "User Defined Function" dalam Visual Basic

Koperasi Dunia Memiliki Aktivitas Ekonomi yang Lebih Unggul dari Koperasi Indonesia

Kombinasi Parameter "DialogBox" dan "InputBox" pada Program Select Case VB