Tugas 6 Pasar, Merek, E-commerce, dan Kewiraswastaan


1.      A. Definisi Pasar
Pasar adalah sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli, baik itu barang ataupun jasa. Pasar tidak memiliki batas geografis sehingga definisi pasar tidak pernah merujuk pada sebuah tempat atau lokasi tertentu. Selain itu, kehadiran internet juga telah membuat pengertian pasar saat ini semakin luas.

B. Definisi Pasar Konsumen, Pasar Industri, Pasar Reseller, dan Pasar Internasional
Pasar Konsumen adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang dan jasa untuk konsumsi pribadi. Pasar konsumen ini merupakan target calon konsumen yang akan kamu targetkan dalam memasarkan produk yang akan dijual.
Pasar Industri adalah pasar dimana konsumen membeli suatu produk industri bukan untuk kepentingan indiividu melainkan untuk kepentingan suatu badan usaha atau organisasi. Konsumen industri terdiri atas badan usaha perorangan , perusahaan, lembaga, atau organisasi yang membeli produk industri dengan tujuan untuk memproduksi produk lainnya, mendapatkan keuntungan, mengurangi biaya-biaya, dan lain-lain.
Pasar Reseller memiliki arti yaitu bisnis yang menjual kembali produk-produk dari supplier atau distributor kepada konsumen dimana bisnis tersebut harus mengambil atau membeli produk tersebut dengan jumlah yang banyak (untuk dijadikan stok barang)  atau dengan jumlah yang telah disepakati bersama untuk mendapatkan harga yang murah.
Pasar Internasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara. Pasar internasional melampaui ekspor pemasar dan menjadi lebih terlibat dalam lingkungan pemasaran di negara-negara tempat suatu organisasi melakukan bisnis.

2.      A. Definisi Merek, Simbol Merek, dan Tanda Merek
a.       Merek adalah suatu nama, simbol, tanda, desain atau gabungan di antaranya untuk dipakai sebagai identitas suatu perorangan, organisasi atau perusahaan pada barang dan jasa yang dimiliki untuk membedakan dengan produk jasa lainnya.
b.      Simbol merek adalah bagian dari merek yang berupa gambar suatu produk atau ciri khas dari suatu produk. gambar atau simbol sayap pada motor honda, gambar jendela pada windows, gambar kereta kuda pada california fried chicken (cfc), simbol orang tua berjenggot pada brand orang tua (ot) dan kentucky friend chicken (kfc), simbol bulatan hijau pada sony ericsson.
c.       Tanda merek (brand mark), yaitu bagian dari merek yang dapat dikenali,namun tidak dapat dibaca atau diucapkan. Tanda merek ini berupa logo, simbol, warna, gambar, desain.

B. Manfaat Merek
·         Merk dapat membantu anda membangun citra perusahaan dan kepentingan promosi produk Anda.
·         Memudahkan dalam proses pesanan.
·         Membantu kestabilan harga.
·         Menimbulkan loyalitas pembeli.

3.      Makna E-Commerce dan Tantangan bagi Pengembangan Wirausaha di Indonesia
E-Commerce adalah suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronik yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai media pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (business to business)dan konsumen langsung (business to consumer), melewati kendala ruang dan waktu yang selama ini merupakan hal-hal yang dominan. Dengan aplikasi e-commerse. seyogyanya hubungan antara perusahaan dengan entitas eksternal lainnya (pemasok, distributor, rekanan, konsumen) dapat dilakukan secara lebih cepat, lebih intensif, dan lebih murah dari pada aplikasi prinsip manajemen secara konvensional (door to door, one to one relationship). Maka e-commerce bukanlah sekedar suatu mekanisme penjualan barang atau jasa melalui medium internet, tetapi juga terjadinya sebuah transformasi bisnis yng mengubah cara pandang perusahaan dalam melakukan aktivitas usahanya. para pembeli belum menaruh kepercayaan kepada e-commerce, mereka tidak dapat menemukan apa yang mereka carai di e-commerce, belum ada cara yang lebih mudah dan sederhana untuk membyar. Sementara itu surfing di e-commerce belum lancar betul. Pelanggan e-commerce masih takut ada pencuri kartu kredit, rahasia informasi personal mereka menjadi terbuka, dan kinerja jaringan yang kurang baik. Tampaknya untuk meyakinkan pelanggan ini penjual harus melakukan banyak proses edukasi pelanggan. Walaupun demikian diramalkan bahwa sebagian besar pembeli akan berhasil mengatasi penghalang tersebut setelah beberapa tahun pendatang. Direktur ecommerceNet Gail Grant mengatakan jika saja pada halaman web dapat dibuat label yang memberikan informasi tentang produk dan harganya, akan sangat memudahkan untuk search engine menemukan sebuah produk secara online. Hal tersebut belum terjadi memang karena sebagian besar merchant ingin agar orang menemukan hanya produk mereka tapi bukan kompetitornya apalagi jika ternyata harga yang diberika kompetitor lebih rendah.

4.      A. Definisi Unsur-unsur Wiraswasta
·         Pengetahuan,
Pengetahuan dibutuhkan oleh para usahawan/calon - calon usahawan karena dengan pengetahuan kita akan bisa memprediksi apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pasar pada saat ini. Jika kita membuka sebuah usaha, tanpa tahu apa - apa yang dibutuhkan oleh pasar atau yang merupakan trend dari pasar, maka usaha /bisnis yang kita jalankan akan tertinggal jauh oleh para pesaing kita. Seperti layaknya sebuah hutan belantara dengan mottonya "Siapa yang kuat dialah yang menang", Pasar juga merupakan ajang persaingan. Usaha yang tidak didasari oleh pengetahuan yang cukup, baik pengetahuan tentang cara menghadapi costumer atau konsumen, hingga pengetahuan tentang tata cara mengolah sistem keuangan ditentukan oleh kemampuan pengetahuan kita.
·         Keterampilan,
keterampilan berasal dari kata terampil yang artinya cakap dalam menyelesaikan tugas, mampu dan cekatan. Dengan adanya keterampilan kita mampu membangun bisnis kita dengan baik, dan akan dinikmati oleh banyak konsumen atau penikmat jasa. Keterampilan bisa kita dapatkan dengan melakukan ujicoba secara simultan, praktikum, dan kemudian pengalaman.
·         Sikap Mental,
sikap mental disini yaitu bersifat tanggung jawab, kejujuran, ketegasan, keberanian, dan inisiatif. Seorang wirausahawan harus memiliki sikap - sikap tersebut jika ingin mendapatkan kesuksesan. Seorang wirausahawan yang tegas, jujur dan memiliki inisiatif harus dibarengi oleh sikap yang berani untuk bertanggungjawab. sikap demikian bisa didapat apabilawirausahawan mau menerima tugas dan menyelesaikannya dengan baik, melatih diri menjadi pemimpin, menolak ketidakjujuran, mengoreksi kesalahan, melatih diri untuk menegur kesalahan, memberi penghargaan dan penghormatan atas kesuksesan orang lain, kemudian mau mencoba mengemukakan ide dan kreatifitas serta berani mencoba.
·         Kewaspadaan,
unsur kewaspadaan disini yaitu sikap reflek. dan untuk melatihnya kita harus membiasakan untuk tanggap terhadap lingkungan, terus mencoba untuk menganalisa pesaing kita, bekerja untuk hasil yang memuaskan, membuat rencana untuk setiap kegiatan, kemudian melakukan evaluasi diri dan evaluasi kerja.






B.  Definisi Kewiraswastaan, Produsen, Konsumen, Ekspor
a.       Kewiraswastaan adalah kemampuan dan kemauan seseorang untuk berisiko dengan menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu, uang, dan usaha, untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil. Melalui upaya yang dijalankaan, yang bersangkutan merencanakan dan mengharapkan kompensasi dalam bentuk keuntungan di samping juga kepuasan.
b.      Produsen adalah pihak-pihak yang dalam kegiatannya menghasilkan output, baik itu barang ataupun jasa, untuk dipasarkan ke konsumen dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.
c.       Konsumen adalah semua pihak yang menggunakan barang/ jasa yang ada di masyarakat, baik untuk kepentingan pribadi, orang lain, dan mahluk hidup lainnya dan tidak untuk dijual kembali.
d.      Ekspor adalah penjualan barang ke luar negeri dengan menggunakan sistem pembayaran, kualitas, kuantitas dan syarat penjualan lainnya yang telah disetujui oleh pihak eksportir dan importir.




Referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan "Build in Function" dan "User Defined Function" dalam Visual Basic

Koperasi Dunia Memiliki Aktivitas Ekonomi yang Lebih Unggul dari Koperasi Indonesia

Kombinasi Parameter "DialogBox" dan "InputBox" pada Program Select Case VB