tugas 4 Manajemen dan Perencanaan
1. Manajemen
adalah suatu proses mengatur rencana atau tujuan yang akan diambil dan
digambarkan atau dirincikan sebagai cara seseorang untuk mengambil keputusan yang
tepat.
Dampak yang akan timbul jika mempelajari
manajemen adalah Seseorang akan mengorganisasikan , menjalankan,
melakukan, dan melaksanakan suatu rencana dengan teliti, displin, dan
lain-lain. Dengan keadaan rencana yang terarah dan tujuan rencana tersebut
berjalan . Perencanaan adalah hal pertama yang wajib
dilakukan seorang manajer. Dengan adanya perencanaan, manajer mengevaluasi
segala tindakan, baik yang sudah dilakukan maupun yang belum. Tanpa adanya
perencanaan yang matang, tujuan dari kegiatan manajemen tidak akan tercapai. Setelah itu, jalankan fungsi
pengorganisasian. Tujuannya untuk mempermudah proses pengawasan yang dilakukan
manajer. Fungsi
penempatan, manajer bertugas untuk menempatkan sumber daya yang tersedia sesuai
dengan kebutuhan. Dengan begitu, proses pencapaian tujuan dapat dilakukan
dengan lebih efektif dan efisien. Fungsi pengarahan sebagai upaya agar perencanaan yang
telah dibuat dapat berjalan dengan lancar. Jadi pengarahan perlu dilakukan agar
segala sesuatu yang dilakukan dapat berjalan sesuai arahan atau rencana. Terakhir fungsi pengawasan. Tujuannya agar
kegiatan manajemen dapat berlangsung sesuai rencana. Jika tidak berjalan baik,
dapat dilangsungkan proses evaluasi. Jadi, tujuan manajemen pun dapat tercapai
dengan lebih efektif dan efisien.
keuntungan
|
kelemahan
|
1.
Perencanaan akan menyebabkan berbagai macam aktivitas organisasi untuk
mencapai tujuan tertentu dan dapat dilakukan secara teratur.
|
1.
Perencanaan mempunyai keterbatasan mengukur informasi dan fakta-fakta di masa
yang akan datang dengan tepat.
|
2.
Perencanaan akan mengurangi atau menghilangkan jenis pekerjaan yang tidak
produktif.
|
2.
Perencanaan yang baik memerlukan sejumlah dana.
|
3.
Perencanaan dapat dipakai untuk mengukur hasil kegiatan yang telah dicapai
karena dalam perencanaan ditetapkan berbagai standard.
|
3.
Perencanaan mempunyai hambatan psikologis bagi pimpinan dan staf karena harus
menunggu dan melihat hasil yang akan dicapai.
|
4.
Perencanaan memberikan suatu landasan pokok fungsi manajemen lainnya,
terutama untuk fungsi pengawasan.
|
4.
Perencanaan menghambat timbulnya inisiatif. Gagasan baru untuk mengadakan
perubahan harus ditunda sampai tahap perencanaan berikutnya.
|
5.
perencanaan membantu pekerjaan mendapat informasi untuk dilakukan atau
dijalankan.
|
5.
Perencanaan juga menghambat tindakan baru yang harus diambil oleh staff
|
2.
3. Organisasi
adalah sebuah wadah untuk sekumpulan orang yang bekerja sama secara rasional
serta sistematis yang terpimpin atau terkendali untuk mencapai tujuan tertentu
memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya. Sementara dalam dunia bisnis,
organisasi merupakan sekelompok orang yang melakukan kolaborasi untuk mencapai
tujuan secara komersial dengan struktur yang jelas serta memiliki budaya kerja
khusus.
Tujuan orang ikut masuk dalam organisasi
yaitu Tujuan organisasi adalah untuk merealisasikan keinginan atau harapan dan
cita cita bersama para anggota organisasi atau kelompok. Contohnya adalah ada
sebuah organisasi kesosialan yang di bentuk dengan tujuan supaya bisa menjalin
silaturahim dan berbagi satu sama lain. Tujuan kedua adalah hasil akhir yang di
inginkan di masa yang akan datang. Misalkan saja ada sebuah organisasi bisnis
yang memiliki tujuan akhir seperti menjadi organisasi yang besar dan terkenal
sehingga banyak yang berminat untuk bergabung. Seseorang mengikuti organisasi
memiliki maksud dan tujuan untuk
Meningkatkan kemandirian serta kemampuan dari sumber daya yang dimiliki, wadah
yang digunakan untuk individu yang memang ingin memiliki jabatan, penghargaan
serta pembagian kerja yang jelas, wadah untuk memiliki pengawasan dan
kekuasaan, membantu setiap individu yang ada di dalamnya agar dapat
meningkatkan pergaulan serta memanfaatkan waktu luang secara lebih optimal
serta bermanfaat, wadah yang membantu mencari keuntungan bersama-sama dengan
kerja sama yang sudah terbagi dengan baik, membantu untuk pengelolaan
lingkungan bersama-sama, mencapai tujuan secara efektif dan efisien sesuai
dengan yang telah menjadi tujuan awal sebuah organisasi.
4. Planning
adalah bagaimana perusahaan menetapkan tujuan yang diinginkan dan kemudian
menyusun rencana strategi bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut.
Organizing (fungsi perencanaan) adalah
pengaturan sumber daya manusia dan sumber daya fisik yang dimiliki agar bisa
menjalankan rencana-rencana yang sudah diputuskan untuk mencapai tujuan yang
diinginkan.
Directing alias fungsi pengarahan adalah
upaya untuk menciptakan suasana kerja dinamis, sehat agar kinerjanya lebih
efektif dan efisien.
Pengendalian adalah upaya untuk menilai
suatu kinerja yang berpatokan kepada standar yang telah dibuat, juga melakukan
perbaikan apabila memang dibutuhkan.
5. Motivasi.
Dorongan dalam diri seseorang yang dipengaruhi oleh keinginan. Kebutuhan,
tujuan, untuk mendapatkan kepuasaan.
Kepemimpinan. Kemampuan seseorang untuk
mempengaruhi, memotivasi dan mengarahkan orang lain mencapai tujuan tertentu.
Pengendalian. Usaha untuk mencapai
tujuan tertentu melalui perilaku yang diharapkan.
Referensi :
Komentar
Posting Komentar