Alasan saya memilih akuntansi


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu…

Nama saya Faishal Rasyiq Mubarak, saya dari kelas 1EB10 disini saya akan menjawab pertanyaan, yaitu “Mengapa Anda memilih jurusan akuntansi?”.
Saya memilih jurusan akuntansi karena saya suka pelajaran ekonomi tetapi mulai suka pelajaran tersebut mulai dari kelas XI SMA. Saya suka menghitung, terutama saat materi menghitung laporan keuangan sebuah perusahaan di mata pelajaran ekonomi. Ya, walaupun bisa dibilang menghitung laporan keuangan itu agak rumit karena butuh ketelitian saat membaca dan menghitung, berani mencoba, dan balance. Cara mendapatkan sebuah hasil dari akuntansi  laporan keuangan itu lah yang menjadi tantangan untuk saya untuk menyelesaikannya. Saya memilih akuntansi juga karena terinspirasi dari ayah saya yang juga merupakan lulusan akuntansi. Menurut orang tua saya lulusan akuntansi mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Sebenarnya sih saya ingin menjadi seorang arsitek tetapi karena sudah terlanjur juga salah jurusan saat SMA seharusnya saya mengambil IPA kenapa saya ingin menjadi arsitek? Karna saya memiliki hobi menggambar. Ada juga minat saya untuk masuk TNI AD tetapi saya tidak mengambil untuk mencobanya.
Saya mengambil jurusan akuntansi di Universitas Gunadarma karena pilihan terakhir, akreditasnya sudah A, dan dekat dari rumah saya. awalnya saya mencoba SNMPTN tetapi saya ditolak oleh Universitas yang saya pilih yaitu Unsoed dan UPN Jakarta saya mengambil jurusan akuntansi di Universitas tersebut, dan saya juga mencoba jalur SBMPTN tetapi ditolak juga oleh Universitas yang sama. jurusan akuntansi memang agak sulit tetapi kalau sudah suka atau sudah dibulatkan keputusannya saya harus bisa yang terpenting teliti dalam membaca soal-soalan tentang akuntansi nggak perlu terlalu buru-buru. Jurusan akuntansi yaitu mempelajari tentang transaksi-transaksi tertentu seperti barang dan jasa, menghitung laba rugi dan lain-lain yang termasuk laporan keuangan.
Alasan saya memilih akuntansi adalah saya melihat prospek yang lebih jauh dari seorang lulusan akuntansi, fleksibel jika kita masuk ke jurusan akuntansi. Mau kerja dimana saja oke, mau jadi manager, staff akunting, dosen, guru dan auditor juga bisa. Perusahaan mana saja bisa kita masuki lamaran kerjanya loh. Perusahaan swasta atau negeri? bebas silakan pilih saja. Asalkan sejak awal belajar akuntansi harus dengan sungguh-sungguh belajarnya, jangan asal lulus akuntansi saja. Hal yang paling menarik dari ilmu akuntansi itu adalah metode pencatatan keuangannya, bagaimana pembuatan laporan keuangannya, dan masalah yang ada ketika audit yang mana harus dipecahkan dengan sempurna. Bukan hanya menghitung, seorang akuntan harus pintar dalam menganalisa dan mengambil keputusan juga.  Menurut saya ada banyak sekali kelebihan jurusan akuntansi dibandingkan jurusan lain, bukan berarti jurusan lain tidak ada kelebihannya. Lulusan akuntansi itu banyak dibutuhkan, perusahaan banyak membutuhkan tenaga kerja akuntansi untuk divisi akunting dan itu tidak sedikit. Selain kerja pada perusahaan seorang lulusan akuntansi juga bisa menjadi seorang konsultan pajak atau bekerja di perpajakan. 
Selain itu belajar akuntansi, kita bisa menghitung pengeluaran dan pendapatan keuangan sendiri, saya juga menjadi seorang akuntan di rumah saya. Saya bisa menghitung uang masuk dan biaya-biaya rumah tangga dengan detail, jadi saya tahu apakah keadaan keuangan keluarga saya sehat atau tidak. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan "Build in Function" dan "User Defined Function" dalam Visual Basic

Koperasi Dunia Memiliki Aktivitas Ekonomi yang Lebih Unggul dari Koperasi Indonesia

Kombinasi Parameter "DialogBox" dan "InputBox" pada Program Select Case VB